Langsung ke konten utama

Apa itu Website


  • Apa itu Website?
Website atau situs dapat diartikan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau bergerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada yaitu Domain dan Hosting.

  • Sejarah singkat Web
Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1992 website terhubung dengan jaringan. Tujuan dari dibuatnya website pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara terminologi.

Website dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.


  • Jenis Web secara umum
Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Website Statis, adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
  2. Website Dinamis, merupakan website yang secara terstruktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bia diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit konten dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang di dalamnya terdapat fasilitas berita polling, dan sebagainya.
  3. Website Interaktif, adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya websitte seperti ini memiliki moderator untuk mengatur seupaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


  • Cara Kerja Website
Dalam Prinsip sebuah website, terdapat 4 faktr yang perlu kita ketahui, antara lain :
  1. Server, merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer, biasanya komputer client. Cara menghubungkan antara komputer server dengan komputer client melalui kabel atau nirkabel (tanpa kabel). Contoh koneksi nirkabel yaitu melalui WiFi. Prinsip kerja server ini adalah untuk tempat penyimpanan data yang terdapat pada komputer client. Dengan kata lain, komputer server menjadi pusat data yang memberikan layanan dalam bentuk koneksi ataupun layanan lainnya kepada komputer client.
  2. TCP/IP, Transmission Control Protokol atau Internet Protocol merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proes tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain didalam jaringan internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protokol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut di implementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
  3. Client Server, merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer).
  4. User, atau pengguna, biasanya ditunjukkan kepada pengguna suatu sistem yang umumnya adalah manusia. Misalnya pengguna komputer adalah :
  • Subcriber, user ini hanya bisa membaca atau memberikan komentar pada blog.
  • Administrator, user ini adalah user yang memiliki kekuasaan penuh untuk pengurusan blog.
  • Editor, user ini dapat mempublikasikan dan mengatur tulisan yang dibuat oleh user itu sendiri dan tulisan yang dibuat oleh user lain.
  • Author, user ini dapat membuat dan mempublish tulisan yang dibuat hanya oleh mereka sendiri. Pada tingkatan ini, diberikan juga hak untuk mengupload image atau file.
  • Contributor, user ini dapat membuat tulisan dan mengatur tulisan mereka sendiri tanpa hak mempublikasikannya, harus ada user yang lebih tinggi levelnya untuk mereview dan mempublikasikan tulisan Contributor.

Dan untuk mengetahui cara kerja web itu sendiri berikut akan ditampilkan skema dari cara kerja web 
Penjelasan untuk gambar tersebut adalah :
User/Pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser (yaitu media untuk menuju URL yang diakses), kemudian Web Browser tersebut mengirimkan permintaan/request berupa HTTP request kepada Web Server melalui layer-layer TCP/IP, kemudian Web Server memberikan Web Files yang di request jika ada. Web Files yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/display begitu saja, namun Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP respone yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru diterima oleh Web Browser, dan kemudian dikirimkan kepada User berupa Display.


Untuk video penjelasan mengenai materi dapat di lihat disini 
https://www.youtube.com/watch?v=nc87I03el0I&t=47s


Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review software yang digunakan pada pembuatan film animasi "Battle Of Surabaya"

Hai, pada postingan sebelumnya gw me-review film animasi series "Marha and The Bear", dan kali ini gw bakal coba mereview software yang digunakan dalam pembuatan film animasi. Namun kali ini film animasi yang bakal gw angkat adalah film anak negeri yaitu "Battle of Surabaya".  Yoi, film animasi buatan anak negeri yang mendunia. Kemunculan film ini sempat menggemparkan, karena selain pertama kalinya film animasi buatan anak negeri ini, juga alur ceritanya yang mengangkat cerita peristiwa 10 November di Surabaya. Film ini tayang pada 20 Agustus 2015 lalu, dan memenangkan beberapa nominasi yang tentunya membanggakan. So, let's check it up, software apa sih yang digunakan dalam pembuatan film BoS. Sebelumnya untuk sekedar informasi, film BoS melalukan proses produksi di Thailand, yaitu di Katana Studio. Menurut sumber, aplikasi yang digunakan dalam proses produksi film adalah DaVinci Resolve.  Salah satu software yang terkenal handal untuk menghadirkan

Webometrics

Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics merupakan organisasi yang melakukan pemeringktan perguruan tinggi seluruh dunia, sebagaimana rintisan dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas, lemabaga penelitian terbesar di Spanyol. Sama halnya dengan 4ICU, Webometrics juga melakukan update hasil pemeringkatan setiap periode bulan Januari dan Juli. Berbeda dengan 4ICU, komponen yang digunakan Webometrics untuk pemeringkatan adalah : Visibility (50%) : yang terdiri dari Impact yaitu jumlah link eksternal menurut Ahrefs & Majestic SEO. Activity (50%) : yang terdiri dari Presence (20%), yakni jumlah halaman situs domain menurut Google , Openness (20%), yakni jumlah publikasi ilmiah dalam format rich files (*pdf, *doc, *ppt, *ps) menurut Google Scholar, dan Exellence (10%), yakni jumlah publikasi ilmiah menurut Scimago.  Perhitungannya bias dirumuskan menjadi seperti ini : Webomet

TUTORIAL APLIKASI AUDACITY

Audacity adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit sebuah lagu atau sebuah file audio. Berikut akan dijelaskan mengenai tutorial singkat penggunaan aplikasi Audacity. Aplikasi Audacity yang digunakan pada tutorial ini adalah versi 2.1. Dan kali ini saya akan menjelaskan tutorial untuk memanjangkan intro sebuah lagu. Pertama buka Aplikasi Audacity Berikut diatas adalah tampilan default dari aplikasi Audacity, untuk memulai mengedit, kita harus terlebih dahulu memasukkan lagu kedalam aplikasi. Klik menu file pada menubar, kemudian plih Import - Audio   Pilih lagu/audio yang akan kita edit. Pada contoh diatas saya menggunakan lagu Maroon 5 - Moves like Jagger.  Kemudian perlu diperhatikan, karena kali ini kita akan membuat intro sebuah lagu menjadi lebih lama, maka kita harus mencari letak/panjang dari intro lagu tersebut. Pada lagu moves like jagger ini intro terdapat dari detik 0 sampai dengan detik 11. Hal yang kita