Langsung ke konten utama

Tugas 3

1. Hakikat Manusia

Hakikat Manusia adalah suatu peran atau fungsi yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Menurut bahasa, hakikat berarti kebenaran atau sesuatu yang sebenar-benarnya atau asal segala sesuatu. Dapat juga dikatakan hakikat itu adalah inti dari segala sesuatu atau yang menjadi jiwa sesuatu.Sementara manusia sendiri dapat diartikan sebagai makhluk hidup yang memiliki akal, pikiran, perasaan dan keyakinan pada dirinya. 

Manusia dapat dibagi kedalam 3 kategori, yaitu : 
  1. Manusia sebagai makhluk biologis (al-Basyar) pada hakekatnya tidak berbeda dengan makhluk-makhluk biotik lainnya walaupun struktur organnya berbeda, karena struktur organ manusia lebih sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain.
  2. Manusia sebagai makhluk psikis (al-insan) mempunyai potensi rohani seperti fitrah, qolb, ‘aqal. Potensi tersebut menjadikan manusia sebagai makhluk yang tertinggi martabatnya, yang berbeda dengan makhluk lainnya, artinya apabila potensi psikis tersebut tidak digunakan, manusia tak ubahnya seperti binatang bahkan lebih hina.
  3. Manusia sebagai mahluk sosial mempunyai tugas dan tanggung jawab sosial terhadap alam semesta, ini disebabkan karena manusia tidak hanya sebagai Abdullah tetapi juga sebagai khalifatullah untuk mewujudkan kemakmuran, kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akherat.
2. Kaitan Manusia & Kebudayaan 

Manusia dan kebudayaan tentunya 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, karena manusia hidup dengan kebudayaan. Tanpa adanya kebudayaan, kehidupan manusia pasti akan terasa hampa, karena kebudayaan dapat disebut sebagai pewarna dalam kehidupan. 

Pada zaman ini saja banyak sekali kebudayaan diseluruh penjuru dunia, dengan kebudayaan yang beragam tentunya. Bayangkan jika kebudayaan-kebudayaan yang ada saat ini diseluruh dunia tidak ada? Apa yang akan terjadi? Tidak akan ada interaksi antar manusia didunia ini. Oleh karena itu manusia & kebudayaan adalah 2 hal yang saling berkaitan. 

3. Perubahan Kebudayaan 

Dari judul kita dapat mengerti bahwa perubahan adalah sebuah proses berubahnya suatu hal ke hal yang lain. Disini dikatakan perubahan kebudayaan, maka dari itu yang dimaksud adalah perubahan yang terjadi pada kebudayaan yang telah ada baik dari segi struktur ataupun fungsi dari kebudayaan itu sendiri. Setiap budaya bisa mengalami perubahan dari masa ke mana tergantung generasi penerus budaya tersebut. Dan berikut adalah contoh perubahan kebudayaan yang terjadi :

Contoh Perubahan Kebudayaan :
Kesenian bisa saja berubah atau tergantikan seiring perkembangan zaman. Saat ini, banyak kesenian di Indonesia yang mulai punah karena anak bangsa tidak suka dengan kesenian tersebut. Bahkan mereka lebih suka mempelajari kesenian asing dengan alasan trendy. Namun, masih banyak kesenian populer Indonesia yang masih bisa bertahan sampai sekarang. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review software yang digunakan pada pembuatan film animasi "Battle Of Surabaya"

Hai, pada postingan sebelumnya gw me-review film animasi series "Marha and The Bear", dan kali ini gw bakal coba mereview software yang digunakan dalam pembuatan film animasi. Namun kali ini film animasi yang bakal gw angkat adalah film anak negeri yaitu "Battle of Surabaya".  Yoi, film animasi buatan anak negeri yang mendunia. Kemunculan film ini sempat menggemparkan, karena selain pertama kalinya film animasi buatan anak negeri ini, juga alur ceritanya yang mengangkat cerita peristiwa 10 November di Surabaya. Film ini tayang pada 20 Agustus 2015 lalu, dan memenangkan beberapa nominasi yang tentunya membanggakan. So, let's check it up, software apa sih yang digunakan dalam pembuatan film BoS. Sebelumnya untuk sekedar informasi, film BoS melalukan proses produksi di Thailand, yaitu di Katana Studio. Menurut sumber, aplikasi yang digunakan dalam proses produksi film adalah DaVinci Resolve.  Salah satu software yang terkenal handal untuk menghadirkan

Webometrics

Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics merupakan organisasi yang melakukan pemeringktan perguruan tinggi seluruh dunia, sebagaimana rintisan dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas, lemabaga penelitian terbesar di Spanyol. Sama halnya dengan 4ICU, Webometrics juga melakukan update hasil pemeringkatan setiap periode bulan Januari dan Juli. Berbeda dengan 4ICU, komponen yang digunakan Webometrics untuk pemeringkatan adalah : Visibility (50%) : yang terdiri dari Impact yaitu jumlah link eksternal menurut Ahrefs & Majestic SEO. Activity (50%) : yang terdiri dari Presence (20%), yakni jumlah halaman situs domain menurut Google , Openness (20%), yakni jumlah publikasi ilmiah dalam format rich files (*pdf, *doc, *ppt, *ps) menurut Google Scholar, dan Exellence (10%), yakni jumlah publikasi ilmiah menurut Scimago.  Perhitungannya bias dirumuskan menjadi seperti ini : Webomet

TUTORIAL APLIKASI AUDACITY

Audacity adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit sebuah lagu atau sebuah file audio. Berikut akan dijelaskan mengenai tutorial singkat penggunaan aplikasi Audacity. Aplikasi Audacity yang digunakan pada tutorial ini adalah versi 2.1. Dan kali ini saya akan menjelaskan tutorial untuk memanjangkan intro sebuah lagu. Pertama buka Aplikasi Audacity Berikut diatas adalah tampilan default dari aplikasi Audacity, untuk memulai mengedit, kita harus terlebih dahulu memasukkan lagu kedalam aplikasi. Klik menu file pada menubar, kemudian plih Import - Audio   Pilih lagu/audio yang akan kita edit. Pada contoh diatas saya menggunakan lagu Maroon 5 - Moves like Jagger.  Kemudian perlu diperhatikan, karena kali ini kita akan membuat intro sebuah lagu menjadi lebih lama, maka kita harus mencari letak/panjang dari intro lagu tersebut. Pada lagu moves like jagger ini intro terdapat dari detik 0 sampai dengan detik 11. Hal yang kita